«

»

Jan 02

Tahun baru menanti janji lama

Tahun 2012 sudah berakhir dan saatnya memasuki tahun baru dengan semangat baru. Tahun baru bukan berarti kita melupakan tahun – tahun sebelumnya apalagi kalau masalah janji – janji yang pernah diucapkan pada tahun sebelumnya.

Pada bulan Agustus 2012, Kementrian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan pernyataan bahwa teknologi telekomunikasi 4G LTE akan mulai diimplementasikan di Indonesia. Rencananya 4G LTE akan menempati spektrum 2,30 GHz – 2,39 GHz yang sebenarnya pada frekuensi tersebut sudah ditempati oleh WIMAX, teknologi 4G lainnya yang sudah diuji coba sebelum LTE. Keterlambatan atau ketidakteraturan mengenai telekomunikasi sendiri sudah terasa sejak lama, entah apa alasannya namun kesan yang ditimbulkan adalah pemerintah kurang cepat dalam menanggapi perkembangan teknologi telekomunikasi. Mulai dari terlalu banyaknya operator telekomunikasi di Indonesia (bayangkan Indonesia punya 11 operator telekomunikasi padahal negara sebesar USA, China, dan, India hanya punya 2 – 4 operator saja), pengaturan spektrum frekuensi 3G yang berlarut – larut, hingga deployment 4G yang terhitung agak terlambat untuk negara sebesar Indonesia.

Keterlambatan deployment ini sebenarnya sudah merugikan beberapa pihak. Pihak yang mungkin paling merasa dirugikan adalah para pembeli gadget atau smartphone yang sudah memfasilitasi teknologi 4G LTE di dalam produk tersebut. Jelas fasilitas tersebut jadi fasilitas mubazir alias tak berguna bagi sang pengguna di Indonesia. Satu, karena memang 4G diimplementasikan di Indonesia. Kedua, kalaupun sudah diimplementasikan belum tentu fasilitas 4G LTE yang ditanamkan di gadget akan cocok dengan yang diregulasikan di Indonesia. Tentu saja, dalam memasarkan produknya di Indonesia, vendor sulit untuk memperkirakan 4G LTE akan dioperasikan pada frekuensi berapa di Indonesia sehingga fasilitas LTE yang ditanamkan pada gadget akan menyesuaikan negara asal vendor tersebut. Misalkan, USA dan China di 2,57 – 2,62 GHz, Jepang di 2,545 – 2,575 GHz, dan bahkan Korea Selatan di tiga spektrum sekaligus yaitu di 800 MHZ, 1,8 GHz, dan 2,1 GHz.

Mau tahu bagaimana peta persebaran LTE deployment di seluruh dunia? Berikut data yang diperoleh dari telecoms.com

Update bulan Mei 2012

 

Update bulan Oktober 2012

 

Saatnya kita menunggu janji pemerintah untuk deployment 4G LTE pada tahun 2013. Tahun baru saatnya menagih janji – janji lama.

Oleh : Daryus Chandra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>