«

»

Sep 27

Sunny Portable Charger

Semakin tingginya kebutuhan manusia akan energi listrik dan semakin pentingnya poratable charger di kalangan anak muda, maka sunny portable charger ini pun tercipta. Prinsip kerja dari sunny portable charger ini sangat mudah. Cahaya matahari mengenai panel surya (solarcell). Panel surya / solar cell di paralel untuk menghasilkan arus yang lebih besar. Dan arus DC ini akan mengalir keluar dari solar panel menuju Charger. Di dalam Charger ini, terdapat controller. Controller adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk mengatur arus searah yang diisi ke baterai dan yang diambil dari baterai ke beban. Controller akan melindungi battery dari overcharging sehingga life time battery menjadi lebih lama.

Ketika baterai tegangannya dibawah 4 Volt, panel surya akan mengisi baterai tersebut, dan ketika baterai sudah berada pada 4 Volt, controller akan memutus tegangan yang disuplai panel surya ke baterai. Arus yang dihasilkan akan disimpan ke dalam sebuah aki kecil dan bentukannya adalah DC. Baterai handphone merupakan bentuk media penyimpanan arus DC. Rata-rata smartphone di pasaran menggunakan baterai dengan tegangan 3.8 – 4 Volt.

Keluaran yang digunakan adalah output usb handphone saat ini. Solar panel beserta aki dicompact jadi satu dalam satu kemasan unik yang bisa ditempelkan di jendela kaca. Sehingga solar panel langsung menghadap cahaya matahari.

 

Ikhwan Luthfi Syafjon

Sistem Tenaga Listrik UGM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>