«

»

Apr 28

Seminar LTE & Digital TV Sukses Dihelat

IEEE SB UGM bekerjasama dengan Telecommers Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JTETI) UGM telah dengan sukses menyelenggarakan Seminar LTE & Digital TV. Acara yang dimulai pukul 08.30 dan berakhir pukul 15.30 itu menghadirkan dua pembicara, yaitu Bapak Arief Hamdani Gunawan dan Bapak Satriyo Dharmanto. Materi LTE (Long Term Evolution) dibawakan oleh Bapak Arief Hamdani Gunawan, sedangkan materi TV Digital dibawakan oleh Bapak Satriyo Dharmanto. Acara seminar ini mendapat respons positif. Seminar ini diikuti oleh puluhan peserta, baik dari kalangan mahasiswa S1 dan S2 JTETI UGM sendiri maupun dari luar JTETI UGM.

Materi LTE meliputi evolusi, arsitektur, dan protokol LTE, serta OFDMA (Orthogonal Frequency-Division Multiple Access). Kemunculan LTE dilatarbelakangi oleh pertumbuhan trafik data dan penggunaan komunikasi nirkabel yang makin meningkat. Teknologi ini adalah teknologi yang dipakai menjelang era 4G.  Dengan mengunakan OFDMA dalam mentransmisi data, LTE menawarkan kecepatan downlink hingga 200 Mbps dan uplink hingga 75Mbps.

Materi televisi digital dibuka dengan langkah-langkah Indonesia menuju penggunaan TV digital untuk menggantikan siaran televisi analog. Mengapa Indonesia melangkah menuju siaran TV digital? TV digital memiliki beberapa kelebihan dibanding TV analog, antara lain bandwidth yang lebih kecil dan kualitas siaran yang lebih bagus. Pasar TV digital di Indonesia cukup bagus karena tingkat penggunaan televisi yang tinggi walaupun nantinya harus mampu menyesuaikan dengan siaran TV nonberbayar yang paling umum dinikmati masyarakat Indonesia.

Saat ini, standar televisi digital yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia adalah DVB-T2 dari Eropa (DVB-T merupakan kependekan dari Digital Video Broadcasting-Terrestrial). Sistem Terrestrial dipilih karena mayoritas penduduk Indonesia menggunakan siaran televisi terrestrial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>