«

»

Dec 26

Selamat Datang di PECAN STREET, Proyek Akbar Kelistrikan Modern

Oleh:

Goldwin Caesar Situngkir

Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi

Sistem Tenaga Listrik

2010

 

Salah satu hal yang menjadi isu paling hangat dibidang kelistrikan adalah Smart Grid. Smart Grid merupakan sistem kelola listrik modern yang menggunakan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk mendapatkan informasi mengenai efisiensi, penggunaan listrik, dan lain-lain. Dengan Smart Grid dapat dilakukan optimisasi pembangkit listrik kecil seperti pembangkit mikrohidro dan pembangkit tenaga surya. Selain itu, dengan Smart Grid juga akan terjalin sistem kelistrikan yang bidirectional antara konsumer dan produser listrik.

Di suatu daerah yang berada sekitar 4,8 km dari pusat kota Austin, Texas, Amerika Serikat terdapat suatu proyek akbar dimana Smart Grid sedang diaplikasikan. Nama daerah itu adalah Pecan Street, yang berlokasi di bekas bandar udara di daerah perumahan Mueller. Berpusat di University of Texas, organisasi bernama Pecan Street Inc. melakukan penelitian dan pengembangan yang difokuskan pada manajemen energi serta dan Smart Grid di Pecan Street. Diluncurkan pada Februari 2011, proyek ini sudah mendapatkan dukungan dari mitra-mitra bergengsi seperti Intel, Best-Buy, Sony, Chevrolet, dan lain-lain.

Setiap gedung-gedung perkantoran dan lebih dari 200 rumah yang berada di Pecan Street dilengkapi dengan perangkat atap panel surya. Pada suhu tertinggi di musim panas, solar panel di setiap rumah akan membangkitkan hingga 80% dari energi yang digunakan penghuni rumah tersebut. Selain atap dengan panel surya, beberapa rumah juga diberikan mobil listrik untuk digunakan pengghuni Pecan Street tersebut sebagai uji coba. Sekitar 60 buah Chevrolet Volt diikutkan dalam uji coba ini, menjadikan Pecan Street daerah residensial dengan jumlah kendaraan listrik terbanyak di Amerika Serikat. Mobil-mobil listrik dan atap dengan panel surya dirancang untuk bekerja secara serempak dengan peralatan elektronik ‘pintar’ dan sistem manajemen energi rumah.

 

Informasi penggunaan dan pola konsumsi penghuni akan dikirimkan secara real-time kepada peneliti Pecan Street Inc. untuk mengetahui kapan dan bagaimana penghuni Pecan Street menggunakan peralatan elektronik atau kendaraan listrik mereka. Setiap informasi penggunaan listrik akan dikirim melalui internet ke pusat data Pecan Street Inc. yang akan diproses untuk revisi dalam penggunaan listrik kedepannya dan ditampilkan pada pelanggan melalui Smart Meter khusus, atau laptop dan computer mereka. Para penghuni dapat melihat penggunaan energi mereka secara rinci dan melihat pola konsumsi mereka. Tidak hanya penggunaan listrik, penghuni juga dapat memeriksa pola penggunaan air dan gas juga.

 

Proyek penelitian Pecan Street ini mendapat respon yang sangat positif baik dari para relawan penghuni, serta mitra perusahaan yang terlibat. Warga perumahan Mueller sangat gembira untuk menjadi bagian dari komunitas yang berkembang, yang dapat mempengaruhi infrastruktur kelistrikan masa depan. Saat ini Pecan Street Inc. akan mengembangkan proyek Smart Grid ini ke San Diego, Colorado, bahkan hingga ke Amsterdam, Belanda untuk pengembangan yang lebih lanjut di Eropa Utara.

Mungkin dengan adanya Pecan Street ini, inisiasi gerakan Smart Grid akan semakin digalakkan di seluruh dunia. Sudah saatnya dengan Smart Grid, dilakukan pola konsumsi hemat energi yang akan membantu mengurasi krisis energi serta dampak buruk dari global warming.

 

Sumber:

  • http://www.youtube.com/watch?v=4KdcWXrR0Qo
  • http://www.greenbiz.com/blog/2012/07/11/pecan-street-test-smart-grid
  • http://www.ecnmag.com/articles/2013/01/pecan-street-demonstrates-potential-smart-grid-technology

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>