«

»

Jun 01

Operator, Ruang Kendali, dan Mobilitas

Saat ini muncul anggapan bahwa di masa depan perangkat mobil akan muncul pada plant floor, walaupun belum direalisasikan oleh penyedia alat automasi untuk menjadi praktik umum.

Praktik standar pada umumnya yang dilakukan untuk pemasangan  peralatan baru pada plant  adalah menggunakan perangkat handheld untuk melakukan kalibrasi dan pengaturan. Setelah itu, engineer kembali ke ruang kendali untuk memeriksa pemasangan telah berhasil atau belum. Dengan perangkat handheld yang dapat digunakan di plant floor guna menampilkan tatap muka dan asset management software yang sama dengan ruang kendali, hal ini akan sangat meningkatkan produktivitas

Maksud dari perangkat mobil ini harus ditentukan. Teknologi informasi dengan cepat berubah. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan prinsip-prinsip umum.  Definisi dari perangkat mobil dapat diperluas dari teknologi spesifik (seperti smarphone atau tablet) menjadi definisi yang berdasarkan pada fungsi umumnya. Salah satu definisi yang dapat kita gunakan adalah ‘penyimpan informasi digital atau perangkat pemroses yang memilki lokasi tidak tetap’ yang meliputi perangkat elektronik apa saja.

Perangkat mobil yang terhubung melalui infrastruktur wireless dapat meningkatkan catatan aspek keamanan plant. Jika kita memiliki koneksi real-time dimanapun kita berada di plant kita akan memiliki informasi dan notifikasi masalah lebih cepat. Dari dulu, perangkat elektronik tidak boleh masuk dalam area berbahaya yang menyebabkan proses notifikasi menjadi lambat terhadap masalah plant floor.

Perangkat mobil juga dapat mengurangi penghentian plant mendadak yang sangat merugikan. Hal ini adalah teknologi yang membantu transformasi bisnis, mendorong peningkatan aspek keamanan plant dan mengurangi penghentian plant mendadak. Operasi mobil dapat memberdayakan operator pada lapangan. Operator dapat mengakses informasi yang dibutuhkan secara real-time.

Dengan adanya perangkat mobil, kita membutuhkan software yang yang terhubung dengan expert system. Software ini memungkinkan operator untuk meningkatkan akses terhadap pengalaman proses lampau secara real-time selama di plant floor. Teknologi seperti ini akan mengatasi masalah tenaga kerja yang telah tua.

Perangkat mobil bukan tanpa masalah bila terhubung melalui infrastruktur wireless. Dari aspek keamanan, hal ini belum hal baik. Mungkin hal ini akan mendorong industri untuk menghasilkan strategi kemanan holisitis daripada kemanan tambal yang sering terlihat saat ini.

Tiap perangkat pasti suatu saat mengalami error. Bahkan perangkat paling handal pun dapat memiliki operasi tidak terduga dan ketika mesin listrik dihubungkan, hal ini dapat menyebabkan kondisi-kondisi yang tidak diinginkan bahkan berbahaya.

Bagaimanapun, biaya antar muka perangkat mobil ke lingkungan PLC telah berkurang, jadi penggunaan smartphone untuk mengendalikan dan mendapatkan informasi dari plant, telah menjadi sebuah kemungkinan nyata.

Pada any glass

Di SPS/IPC/Drives 2012, ICONICS, developer visualisasi real-time dan solusi HMI/SCADA, mendemonstrasikan bagaimana software-nya dapat berjalan pada ‘Any Glass, Any Time,’ solusi yang memungkinkan data untuk dilihat dari jarak jauh melalui perangkat apapun. Software di belakang AnyGlass adalah MobileHMI. Dikirim via HTML5 atau Microsoft Silverlight, software ini didesain untuk meningkatkan mobilitas pekerja selama proses manufaktur berlangsung.

Dengan MobileHMI Apps, HMI yang didorong dengan HTML5 atau Silverlight dapat mengirimkan grafik ke perangkat apa pun dengan konsisten dan handal tanpa multiple development. Pada plant floor kita dapat melihat dapat dan mengontrol aset operasional dari jarak jauh secara real-time.

 

Fajar Andika

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>