«

»

Dec 01

Mikro Motor di Dalam Pembuluh Darah Manusia

Oleh :

Adi azhari

Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi

Sistem Tenaga Listrik 2010

Tidak dipungkiri bahwa bidang kesehatan erat kaitannya dengan bidang elektronika. Banyak sekali peralatan peralatan di rumah sakit yang merupakan perkembangan dari bidang elektronika. Salah satu yang sedang dikembangkan adalah aplikasi mikromotor untuk catherer pada pembuluh darah. Catherer adalah sebuah selang yang berukuran sangat kecil yang digunakan di dunia kesehatan untuk mengantarkan obat, cairan atau gas ke dalam tubuh pasien atau juga berguna untuk menyerap cairan pada tubuh seperti urin.

Kebanyakan penyakit stroke disebabkan karena adanya penyumbatan pembuluh darah pada otak. Penyumbatan ini menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terhambat, sehingga bagian otak yang mengatur fungsi fungsi gerak anggota tubuh bisa terganggu, bahkan jika ini hal ini tidak ditangani dengan cepat, efeknya bisa menyebabkan kematian karena otak kekurangan suplai darah dan oksigen. Oleh karena itu dokter yang menangani permasalahan ini dituntut bekerja cepat, karena setiap menit yang dihabiskan , meningkatkan kemungkinan kerusakan permanen pada pasien.

Salah satu bentuk penanganan stroke adalah dengan memasukkan catherer ke dalam pembuluh darah melalui jantung atau tampat lainnya dan didorong hingga mencapai otak dimana titik penyumbatan berada. Setelah itu catherer akan merusak gumpalan yang jadi penyumbat dan menghisap  sisa sisa gumpalan. Permasalahannya adalah pembuluh darah manusia bentuknya berkelok kelok, sehingga ketika dalam proses mendorong catherer terdapat kemungkinan bahwa catherer ini merobek pembuluh darah, dan apalabila ini terjadi maka akibatnya akan ada pendarahan dan bisa berujung pada kematian. Hampir 40% permasalahan ini susah untuk ditangani dan 15% tidak memungkinkan ditangani karena rumitnya jalur pembuluh darah manusia.

Dengan adanya masalah pembuluh darah yang berkelok kelok dan tuntutan waktu, maka perlu ada perkembangan peralatan operasi yang menangani pasien stroke. Sekarang ini sedang dikembangkan catherer dengan bantuan motor berukuran mikro diujungnya. Ukuran motor ini besarnya tidak lebih dari sebutir beras. Dengan adanya mikro motor ini diharapkan dapat membantu daya dorong catherer untuk bergerak di dalam pembuluh darah serta memberikan kemampuan manuver yang lebih baik. Mikro motor ini dirancang untuk dapat bergerak dalam sumbu x,y dan z sehingga dapat mengikuti kelokan  pembuluh darah manusia.

Teknologi ini masih terus dikembangkan dan terus dilakukan pengujian di laboratorium agar bisa mendapatkan ijin untuk bisa diaplikasikan pada pasien. Harapannya dengan menggunakan teknologi ini dapat mengurangi 15% kasus yang tidak memungkinkan dilakukan operasi  dan meningkatkan tingkat keberhasilan operasi.

Referensi:

http://www.abc.net.au/news/2012-07-24/mini-motor-developed-to-treat-strokes/4151100

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=msgGepl7KNk

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>