«

»

Mar 09

IEEE ISC 2013, 1 Maret Sesi 1

 

Strategi menjaga keberlangsungan energy bagi masa depan

Oleh : Nurana Indah Paramitha (CEO T-Files) dan Dr.-Ing. Eko Adhi Setiawan, ST., MT. (FT UI)

Kreatifitas dan inovasi. Dua hal itu menjadi penting ketika kita dihadapkan pada sebuah kenyataan dimana sumber energi tidak terbarukan yang ada di dunia akan habis suatu saat nanti. Hal inilah yang kemudian menjadi kunci kesuksesan T-Files. Perusahaan bentukan alumni ITB yang bernama Nurana Indah Paramitha ini sukses menciptakan sebuah pembangkit listrik yang menggunakan tenaga ombak laut sebagai penggerak turbin yang bisa menghasilkan energy listrik.

Hampir 70% bumi ini terdiri dari perairan. Keadaan potensial inilah yang coba untuk dimanfaatkan oleh T-Files. Mereka membuat sebuah alat yang bernama “Marine Current Technology”. Dengan bekal kemampuan yang mereka miliki, diklaim bahwa biaya produksi listrik dengan alat mereka ini lebih rendah ketimbang produk sejenis yang selama ini masih dibuat orang asing.

Mbak Mitha, sapaan akrabnya mengatakan bahwa kita sebagai generasi mudah sudah saatnya berhenti untuk berdemo-demo yang tidak jelas. Beliau mengajak kita untuk menjadi technopreneur, meskipun jalan yang dilalui sangat sulit. Ketika dulu beliau mulai untuk merintis usaha ini, ada banyak sekali hambatan yang dilalui seperti masalah finansial. Kini, 50% saham T-Files sudah dibeli oleh BUMN sehingga dukungan itulah finansial bisa sedikit terbantu.

 

SMART GRID menjadi alternative lainya sebagai sistem manajemen energi secara terpadu. Dengan SMART, pembangkit listrik dengan bahan bakar energy terbarukan bisa dioptimalkan. Dengan teknologi ini pula, listrik tidak hanya mengalir dari pembangkit listrik ke konsumen, namun juga bisa mengalir dari rumah konsumen (yang memiliki pembangkit listrik sendiri) ke jaringan listrik terdekat. Konsumen bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara ini.

Masyarakat bisa memasang PhotoVoltaic (sel surya) di atap rumah mereka untuk menghasilkan listrik secara mandiri. Ketika energy listrik yang dihasilkan sel surya itu melebihi besar pemakaian listrik rumah tersebut, maka kelebihan yang ada dapat dikirim ke jaringan listrik terdekat. SMART GRID menjadi penting saat kini, karena sumber bahan bakar fosil akan segera habis dalam waktu dekat. Sedangkan faktanya energy terbarukan terletak tidak pernah terpusat namun selalu tersebar dalam skala kecil. Dengan gabungan teknologi informasi, telekomunikasi dan sistem tenaga listrik, akhirnya terbentuklah konsep manajemen energy listrik yang bernama SMART GRID ini.

 

Penghematan dan pengoptimalan energy menjadi hal mutlak demi menjaga keberlangsungan energi bagi masa depan. Kita harus melakukan itu sekarang atau masa depan tidak akan pernah ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>