«

»

Dec 15

DETEKSI PANAS TRANSFORMATOR DAYA MENGGUNAKAN KAMERA THERMAL BERBASIS ARDUINO

Oleh:

Veby Enandes Stalony

Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi

Sistem Tenaga Listrik 2010

 

 

Sumber gambar : http://www.energy.siemens.com/us/pool/us/power-transmission/transformers/downloads/TRANSFORMERS-PowerTransfrs10to100MVA-1.pdf

Telah kita ketahui bahwa transformator merupakan salah satu peralatan penting yang digunakan dalam penyaluran tenaga listrik. Transformator daya berfungsi untuk menurunkan tegangan biasanya dari 20 KV menjadi 380 V atau 220 V yang selanjutnya dapat digunakan untuk mensuplai beban-beban listrik pada tegangan rendah .Di dalam transformator daya terdapat minyak trafo yang berfungsi sebagai media pendingin, pemindah panas dan media isolasi dari tegangan tembus yang tinggi. Akibat pengaruh naik turunnya beban transformator maupun pengaruh suhu udara luar, maka suhu minyak akan berubah ubah mengikuti keadaan tersebut. Selain itu akibat rugi-rugi besi dan rugi-rugi tembaga pada inti besi dan kumparan-kumparan dapat menimbulkan kenaikan suhu pada transformator.

Suhu minyak pada transformator perlu dijaga agar tidak melewati batas.Apabila suhu transformator telah melewati batas maka perlu adanya perawatan atau pergantian minyak transformator tersebut.Untuk mengecek suhu transformator dapat dilakukan berbagai cara,salah satu cara terbaru adalah menggunakan analisis data citra thermal menggunakan kamera khusus yaitu kamera thermal FLIR (Forward looking infrared).

 

 Sumber gambar: http://www.flir.com/thermography/americas/us/view/?id=54156

Kamera termal FLIR mengukur radiasi inframerah yang dipancarkan dan menunjukkannya dalam bentuk gambaran suhu dari permukaan objek yang diukur. Seperti namanya, sebuah kamera termal tidak dapat menyimpan video terurut, tetapi hanya berupa gambar. Kamera thermal menyimpan gambar inframerah dalam warna semu pada kartu memori. Teknik pemantauan pengukuran termografi pada trafo menggunakan kamera termal adalah metode yang digunakan untuk mengukur temperatur pada beberapa bagian transformator yang menghasilkan sebuah gambar visual.

Namun yang menjadi permasalahan adalah kamera thermal FLIR yang ada dipasaran harganya sangat mahal.Kamera thermal FLIR mahal karena bekerja dengan sistem 2 dimensi sehingga dapat mengambil citra thermal dari benda yang bergerak.

Kita dapat membuat kamera thermal sendiri dengan menggunakan Arduino sebagai sistem minimum. Arduino adalah board berbasis mikrokontroler ATmega328 .Board ini memiliki 14 digital input / output pin (dimana 6 pin dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, 16 MHz osilator kristal, koneksi USB, jack listrik tombol reset. Pin-pin ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler, hanya terhubung ke komputer dengan kabel USB atau sumber tegangan bisa didapat dari adaptor AC-DC atau baterai untuk menggunakannya.

 

 

Arduino dihubungkan dengan logic level converter yang berfungsi sebagai penurun tegangan dari 5,5 V (tegangan kerja arduino) menjadi 3,3 V (tegangan kerja laser infrared).Arduino juga dihubungkan dengan kamera.Fungsi kamera ini mengidentifikasi gambar yang dijadikan objek pengolahan citra.Infrared dan sensor suhu ML90614 diintegrasikan dalam satu PCB dan dihubungkan ke arduino menggunakan kabel pita.

Perbedaan mendasar kamera thermal berbasis arduino dengan kamera thermal FLIR adalah seluruh komponen mudah dicari dan harganya lebih murah.Perbedaan lainnya adalah kamera thermal berbasis arduino bekerja pada sistem 1 dimensi,artinya tidak dapat melihat citra thermal dan mengukur suhu pada benda yang bergerak,oleh karena itu dapat digunakan untuk menganalisa suhu keadaan transformator daya yang ada di pembangkit atau gardu induk.

Dalam proses analisa data,hal yang dilakukan adalah mengambil data gambar citra dan suhu menggunakan kamera termal dengan jarak 3-5 meter dan pengambilan data pada kondisi pembebanan sebesar 60% , 80%, dan 100% dari beban total transformator.Selanjutnya membandingkan hasil data dengan data dari rele deteksi suhu transformator pada control room.

Referensi:

  1. http://www.instructables.com/id/Thermal-Camera/?ALLSTEPS

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>